728x90 AdSpace

Latest News
17 September 2012

11 BMI Tewas Ditembak Polisi Malaysia


Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) menilai Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Kedutaan Besar RI di Malaysia dinilai lambat juga tidak sigap dalam menindak lanjuti kasus tewasnya WNI yang ditembak mati kepolisian diraja Malaysia.

Koordinator Departemen Agitpro DPN SBMI, Andreas Soge, mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memprioritaskan agenda perlindungan Buruh Migran Indonesia di luar negeri. Paling tidak menurut catatannya selama kurun waktu Maret-September ini di Malaysia sudah jatuh korban sebanyak 11 orang BMI yang tewas akibat ditembak kepolisian Diraja Malaysia.

Sejauh ini, kata Andreas, Kemenakertrans mapun pihak Kedubes RI disana baru bisa mengutip kronologi kasus tersebut versi kepolisian Malaysia. “Ini mengindikasikan betama lemahnya Kemenlu dan perwakilan Indonesia dalam memberikan perlindungan terhadap BMI,” kata Andreas, Jumat (14/9).


SBMI mendesak Kemenlu dan Kemenakertrans proaktif dalam menjaga dan melindungi warga Negara Indonesia yang ada di luar negeri.

Menurut Andreas, polisi Malaysia boleh saja melontarkan tuduhan bahwa WNI terlibat perampokan atau masih dicurigai akan melakukan tindakan criminal. Tetapi apakah kemudian polisi Malaysia dengan boleh seenaknya menembak sampai mati.

“Terus terang ini sangat mengganggu perasaan kami sebagai anak bangsa, dengan melihat begitu mudahnya polisi Malaysia menghilangkan nyawa BMI,” kata Andreas.

Berdasarkan catatan SBMI, pada 24 Maret 2012, polisi Malaysia menembak mati tiga TKI asal Nusa Tenggara Barat. Herman (34), Abdul Kadir (25), dan Mad Noor (28) di kawasan Port Dickson, Negeri Sembilan, karena diduga merampok.

Pada 19 Juni 2012, tiga TKI/WNI asal Jawa Timur Hasbullah (25), Sumardiono (34), dan Mursidi (28) juga ditembak polisi Malaysia di sekitar jalan tol Selangor-Kuala Lumpur

Lalu pada 7 September 2012, terjadi lagi penembakan 5 TKI yang berasal dari Batam dan Madura. Kelima TKI itu adalah Jony, Osnan, Hamid, Diden, dan Mahno. Tudingan sama soal keterlibatan perampokan atau tengah dicurigai akan melakukan tindakan kriminal.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Disclaimer : Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Redaksi. Kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan akan dibuang ke laut.

Item Reviewed: 11 BMI Tewas Ditembak Polisi Malaysia Rating: 5 Reviewed By: Unknown