728x90 AdSpace

Latest News
27 October 2012

Ritual Adat Rebo Buntung

Ribuan warga masyarakat membanjiri pantai Tanjung Menangis di Kecamatan Pringgabaya, mereka datang dari berbagai pelosok desa. Kehadiran warga masyarakat ini adalah untuk menyaksikan secara langsung acara ritual adat “Rebo Buntung” yang biasa digelar setiap tahun pada hari Rabu terakhir di bulan Safar/dalam bahasa Sasak disebut Rebo Buntung.




Tradisi Rebo Buntung ini sekaligus untuk menyambut tibanya bulan Rabiul Awal (bulan Maulid Nabi Muhammad SAW). Budaya ini telah lama dikenal oleh masyarakat setempat dan hingga saat ini terus dilestarikan sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu event budaya daerah.

Ritual adat Rebo Buntung di pantai Tanjung Menangis ini ditandai dengan penyerahan sesaji berupa kepala kambing, hasil-hasil pertanian, buah-buahan serta aneka macam makanan tradisional yang diusung oleh puluhan pemuda-pemudi, selanjutnya diterima oleh tokoh adat setempat. Dalam upacara ini, tokoh adat membacakan doa sekaligus memohon kepada Tuhan agar masyarakat diberikan keselamatan, keberkahan dan dijauhkan dari segala macam bencana. Upacara adat ini juga dihadiri Pimpinan SKPD dan undangan lainnya.

Bupati Lombok Timur diwakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kabupaten Lombok Timur Drs. H. Gufranuddin, Dipl. TESOL, M.M. dalam sambutannya mengungkapkan bahwa ritual adat Rebo Buntung ini sangat strategis ditengah derasnya arus budaya barat. Oleh karena itu diperlukan upaya serius dari semua pihak agar budaya ini tidak punah akibat pengaruh budaya dari luar tersebut.

Senada dengan itu, Wakil Ketua DPRD Lombok Timur TGH. M. Ruba’i mengatakan tradisi Rebo Buntung merupakan asset budaya yang perlu dipelihara sehingga dapat menjadi daya tarik bagi para wisatawan.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Disclaimer : Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Redaksi. Kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan akan dibuang ke laut.

Item Reviewed: Ritual Adat Rebo Buntung Rating: 5 Reviewed By: Unknown